NEWS
DETAILS
Sabtu, 16 Mar 2024 09:34 - Asosiasi Honda Sumatera Barat

Menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H, banyak orang yang merencanakan untuk pulang ke kampung halaman mereka. Ada berbagai jenis transportasi yang dapat digunakan, namun mayoritas penduduk Indonesia memilih sepeda motor sebagai kendaraan pilihan mereka.

Bagi pengendara sepeda motor, Instruktur Safety Riding PT Menara Agung Riandy Monru membagikan tips berkendara yang aman saat pulang kampung ke halamannya. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan servis motor sebelum memulai perjalanan.

“Para pengendara sepeda motor dapat mengunjungi beng­kel resmi sepeda motor Honda (AHASS) terdekat untuk memastikan bahwa motor da­lam kondisi prima. Hal ini sangat penting untuk memastikan ke­ama­nan selama berkendara,” kata Riandy.

Langkah kedua, ungkap Riandy adalah menjaga kondisi tubuh. Selain menjaga kondisi motor, pengendara sepeda motor harus memperhatikan kondisi tubuh mereka selama perjalanan. Kondisi tubuh yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko kecelakaan saat berkendara.

“Sebelum melakukan perjalanan, disarankan bagi pengendara sepeda motor untuk tidur yang cukup dan meluangkan waktu untuk beristirahat selama perjalanan,” ujarnya.

Riandy menuturkan, langkah ketiga adalah membawa barang secukupnya. Pengendara sepeda motor harus memastikan tidak membawa barang bawaan yang berlebihan. Sebaiknya, bawa hanya barang yang mudah diikat pada sepeda motor.

“Langkah keempat adalah mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Pengendara sepeda motor harus mengetahui rambu-rambu lalu lintas yang terpasang dan ketentuan yang berlaku selama perjalanan. Dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas, pengendara sepeda motor dapat menghindari terjadinya kecelakaan,” ungkap Riandy.

Terakhir, yang tak kalah penting, kata Riandy,menggunakan pelindung tubuh. Saat berkendara, pengendara sepeda motor harus menggunakan helm yang terstandar SNI, celana jeans, sarung tangan, jaket, sepatu dan masker jika diperlukan. Ini adalah langkah penting untuk menjaga keselamatan selama berkendara.

“Selain tips berkendara yang telah disebutkan sebelumnya, penting juga untuk selalu memperhatikan keselamatan diri saat berkendara. #Cari_Aman adalah prinsip yang harus dipegang oleh pengendara sepeda motor. Keselamatan diri adalah tanggung jawab pribadi, oleh karena itu setiap orang harus memulai dengan diri sendiri untuk menjaga keselamatan selama berkendara. Mari kita tebarkan kebaikan dengan memelihara diri dan menjaga keselamatan bersama-sama,” tutup Riandy.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK